ETS PBKK

1. Sebutkan aplikasi POS yang biasa dipakai di masyarakat?

Salah satu aplikasi POS yang biasa digunakan di masyarakat adalah Moka POS. Moka adalah perusahaan rintisan Software as a Service dari Indonesia dan bergerak di ranah aplikasi kasir. Produknya mengakomodir 3 tipe bisnis utama, yaitu makanan dan minuman, ritel, dan layanan. Jadi, Moka Pos sendiri biasa digunakan terlebih pada restoran dan cafe-cafe.

2. Fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi tersebut , buatlah screenshotnya dan jelaskan?

  • Moka POS, banyak outlet
    Jika kita memiliki banyak usaha (outlet), tak perlu device yang berbeda- beda per usahanya untuk masalah POS. Moka POS dapat menyimpan beberapa data login usaha yang pastinya memudahkan kelancaran bisnis.
  • Pemilihan Berbagai PembayaranDi Moka POS, kita bisa melakukan pembagian beberapa metode pembayaran, seperti pembayaran via E-Wallet, kartu kredit, kartu debit, dll. Jadi, setiap transaksi akan dicatat metode pembayarannya.
  • Table ManagementFitur table management memudahkan untuk mengatur serta melihat posisi-posisi meja (Food n Beverages Business), serta mengatur apakah sebuah meja sedang ditempati atau tidak, serta bisa diberi waktu/lama seorang pelanggan berada di meja tersebut.
  • Memiliki Akun Role Berbeda-bedaSetiap akun yang dapat mengakses sebuah POS dari usaha kita bisa diberikan role dan hak yang  berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti akses untuk melihat, akses untuk mengubah, dll.
  • Mengirim receipts via email
    Moka POS juga bisa mengirim setiap receipts transaksi yang terjadi pada usaha kita via email yang telah di daftarkan sebelumnya, atau pun bisa juga via SMS.
  • Bisa connect >1 perangkat
    Selain itu, Moka POS bisa digunakan oleh lebih dari 1 orang (perangkat) dalam waktu yang bersamaan tanpa mengganggu aktivitas antar pengguna nya.

3. Buat rancangan UI dan navigasi aplikasi POS mu sendiri?

4. Dengan menggunakan framework .NET implementasikan aplikasi POS yang dirancang!

https://github.com/Kyielas/ETS-PBKK

5. Buat tutorial pembuatan aplikasi beserta demo penggunaannya di Youtube , kemudian dokumentasikan/ embedded di blog.

<https://www.youtube.com/watch?v=ZRvfslt7IXs&t=2s&gt;

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.